MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) sudah bisa dikenalkan kepada bayi pada saat ia berusia 7 bulan. Hingga usianya 6 bulan, asupan terbaik untuknya hanyalah ASI Eksklusif.

Pemberian MPASI yang tepat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan sesuai masa perkembangan bayi dan justru bayi akan tumbuh dengan kondisi pencernaan yang sangat baik. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengenalan MPASI kepada bayi, antara lain:

1. Berikan sedikit demi sedikit

MPASI diberikan sedikit demi sedikit, misalnya 2-3 sendok pada saat pertama, dan jumlahnya bisa ditambah seiring perkembangan bayi, agar terbiasa dengan teksturnya.

2. Lakukan bertahap

Pemberian MPASI dilakukan di sela-sela pemberian ASI dan dilakukan secara bertahap pula. Misalnya untuk pertama sekali dalam sehari, kemudian meningkat menjadi 3 kali dalam sehari.

3. Gunakan tepung beras

Tepung beras sangat baik digunakan sebagai bahan MPASI karena sangat kecil kemungkinannya menyebabkan alergi pada bayi. Tepung beras yang baik adalah yang berasal dari beras pecah kulit yang lebih banyak kandungan gizinya.

4. Kenalkan sayur lebih dulu

Pengenalan sayuran sebaiknya didahulukan daripada pengenalan buah, karena rasa buah yang lebih manis lebih disukai bayi, sehingga jika buah dikenalkan terlebih dahulu, dikhawatirkan akan ada kecenderungan bayi untuk menolak sayur yang rasanya lebih hambar. Sayur dan buah yang dikenalkan pun hendaknya dipilih yang mempunyai rasa manis.

5. Hindari penggunaan garam dan gula

Utamakan memberikan MPASI dengan rasa asli makanan, karena bayi usia 6-7 bulan, fungsi ginjalnya belum sempurna. Untuk selanjutnya, gula dan garam bisa ditambahkan tetapi tetap dalam jumlah yang sedikit saja. Sedangkan untuk merica bisa ditambahkan setelah anak berusia 2 tahun.

6. Gunakan kaldu alami

Untuk menambah cita rasa, MPASI bisa menggunakan kaldu ayam, sapi, atau ikan yang dibuat sendiri, serta bisa juga disertakan berbagai bumbu seperti daun salam, daun bawang, seledri.

7. Jangan kebanyakan mencampur makanan

Jangan terlalu banyak mencampur banyak jenis makanan pada awal pemberian MPASI, namun cukup satu per satu saja. Berikan dulu dalam 2-4 hari untuk mengetahui reaksi bayi terhadap setiap makanan yang diberikan, untuk mengetahui jika ia memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

8. Waspada alergi pada bayi

Perhatikan bahan makanan yang sering menjadi pemicu alergi seperti telur, kacang, ikan, susu dan gandum.

9. Berikan kuning telur lebih dulu

Telur bisa diberikan kepada bayi sejak umur 6 bulan, tetapi pemberiannya bagian kuning terlebih dahulu, karena bagian putih telur dapat memicu reaksi alergi.

10. Hati-hati berikan madu

Madu sebaiknya diberikan pada bayi usia lebih dari 1 tahun karena madu seringkali mengandung suatu jenis bakteri yang bisa menghasilkan racun pada saluran cerna bayi yang dikenal sebagai toksin botulinnum (infant botulism).

11. Diolah dengan higienis 

Pengolahan MPASI harus higienis dan alat yang digunakan juga wajib diperhatikan kebersihannya karena pencernaan bayi masih sangat sensitif