Parenting Nabawiyah adalah konsep pendidikan keluarga berbasis Nubuwah (kenabian).Sumber utama dari Parenting nabawiyah adalah Al-qur,an hadits serta sejarah-sejarah bagaimana ulama-ulama terdahulu mendidik anak sehingga melahirkan generasi yang kokoh. Tak hanya bersinar di dunia, tetapi juga gemilang hingga akhirat.

Ada dua konsep parenting nabawiy yang perlu diperhatikan oleh keluarga muslim, yaitu

1. Visi keluarga muslim

Kita dituntut untuk mampu berpikir jauh. Visioner adalah kekuatan seorang muslim sehingga ia tak hanya mampu mengambil pelajaran dari yang telah lalu tapi juga menyiapkan rencana-rencana matang untuk masa depan.

Visi dari keluarga Islam ada empat, di antaranya adalah menyejukkan pandangan mata, pemimpin bagi masyarakat bertakwa, terjaga dari api neraka, dan bersama hingga ke surga. Empat hal ini harus menjadi cita-cita utama setiap rumah tangga muslim.

Rumah tangga ibarat sebuah kendaraan. Ia digunakan untuk menempuh sebuah perjalanan. Seluruh anggota keluarga adalah penumpang dengan masing-masing perannya. Penumpang ayah dan ibu ibarat nahkoda dan navigatornya.

Merekalah yang memiliki rencana dan mengumumkan kepada seluruh anggota keluaga; kemana tujuannya, lama perjalanan yang ditempuh dan apa yang akan dilakukan sesampainya di tujuan.

Keluarga merupakan awal dari berdirinya kemegahan peradaban Islam. Pemimpin yang istimewa berawal dari keluarga yang istimewa, karya perpaduan harmonis suami istri, membahagiakan lingkungannya maka diawali dengan menentramkan keluraganya sendiri. Inilah tugas utama sebuah keluarga.

2. Melahirkan Generasi Penakluk Roma

Ummat muslim harus mencari guru/pendidik yang tak hanya memiliki ilmu tinggi dan mumpuni, tetapi juga berakhlak baik. Sebab, seringkali sesuatu yang tidak terucapkan oleh sang guru, ia ajarkan melalui perbuatan.

Rasulullah SAW menyandingkan antara pemimpin pembebas Konstantinopel dan pembebas Roma. Kualitas dan cara melahirkan para pemimpin tersebut harus disejajarkan dan disamakan. Para orangtua harus mempelajari bagaimana Muhammad Al Fatih dididik sehingga menjadi inspirasi bagi orangtua zaman ini untuk melahirkan generasi penakluk Roma.