Tidak jarang ketika anak sedang berbicara di depan kelas, ia merasa gugup. Bahkan mungkin anak membenci sama sekali kegiatan bicara di depan umum. Jika dibiarkan, kelak ketika dewasa anak akan selamanya merasa takut dan tidak bisa berbicara di depan umum.

Padahal kemampuan ini akan sangat bermanfaat di masa depan. Sebab berbicara di depan umum dapat menambah keluasan relasi yang penting di dunia karir. Tidak usah khawatir, karena kemampuan komunikasi ini dapat dilatih sejak anak berusia dini.

1. Ajarkan Anak Untuk Mengendalikan Emosinya

Sebelum anak akan memulai berbicara di depan umum, ajari anak untuk mengatur emosinya. Adalah hal yang wajar ketika ia merasa takut, cemas, kemudian gugup. Namun bukan berarti bisa dibiarkan. Perasaan tersebut dapat dikendalikan. Misalnya dengan tarik napas, lalu buang perlahan.

Jika anak mempunyai ketakutan berlebih pada para pendengar, beri ia pemahaman kalau mereka tidak jahat. Bahwa mereka justru menanti penampilannya, sehingga harus menampilkan sebaik mungkin. Dengan begitu anak akan merasa semangat dan kecemasannya berkurang.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Salah satu kunci supaya dapat berbicara di depan umum adalah kepercayaan diri. Dukung anak. Beri ia keyakinan bahwa ia pasti bisa melakukannya. Beri pemahaman jika sama seperti anak lainnya, ia mempunyai potensi lebih di bidang komunikasi.

3. Beri Anak Waktu Untuk Menyiapkan Semuanya

Menyiapkan segala sesuatunya sebelum akan tampil di depan umum, akan membantu kesiapan anak. Bantulah untuk menyiapkannya. Apa saja yang harus dikatakan, bagaimana cara mengatakannya, bagaimana bahasa tubuhnya, bagaimana harusnya ekspresi yang ditampilkan, dan masih banyak lagi. Bila perlu beri waktu untuk mempraktekkannya. Setelah itu nilailah penampilannya.

Sewaktu menilai penampilannya jangan memberi kesan negative—walaupun misalnya penampilannya belum sempurna. Gunakanlah bahasa yang memberi ia semangat. Contoh, “kamu sudah baik, coba yang bagian ini ditingkatkan lagi”. Hindari perkataan yang menjelekkan penampilannya.

4. Latih Teknik Berbicara Sekaligus Bahasa Tubuh

Untuk mampu berbicara di depan umum ada teknik-teknik khusus yang perlu dipelajari. Seperti teknik menyusun konsep pembicaraan, teknik menyampaikan, dan bahasa tubuh yang tepat. Itu semua dapat dilatih sedari kecil. Kalau harus, ikutkan anak dalam kursus di bidang tersebut.

5. Berlatih, Berlatih, dan Berlatih

Ya. Berlatih terus tiada henti. Lama kelamaan anak akan terbiasa. Ia akan mempunyai pengalaman langsung. Ini akan menjadi bekal untuk ke depannya.