Tidak sulit untuk memberikan semangat puasa kepada anak. Hanya butuh kesabaran dan trik jitu agar anak mulai terbiasa melakukan ibadah puasa.

Biasanya, orangtua mulai mengenalkan dan mengajarkan puasa kepada anak yang sudah menginjak umur empat hingga lima tahun ke atas.  Namun, bagi mereka, berpuasa adalah suatu hal baru yang mereka jadikan tantangan dalam hidup. Sebab, menahan lapar dan haus bukan hal mudah untuk anak-anak jalani.

Ayah/Bunda sebagai orangtua, tentu mengharapkan anaknya sudah terbiasa dan melakukan ibadah wajib ini. Lantas, bagaimana cara terbaik untuk memberikan semangat puasa kepada anak-anak, agar mereka bisa menjalan puasa dengan lancar hingga satu bulan penuh?

1. Beritahu Arti dan Tujuan Puasa

Bagaimana bisa orangtua menyuruh anak berpuasa tanpa memberitahu tujuan dan arti puasa itu sendiri? Sebagai orangtua, Ayah/Bunda harus bisa mengenalkan puasa dengan menceritakan secara jelas tujuan dari puasa itu. Terlebih lagi secara hukum islam.

Namun, pengenalan puasa untuk anak sebaiknya secara bertahap. Orangtua bisa mulai memberikan semangat puasa dengan mengajarkan anak untuk memiliki pola hidup yang lebih disiplin, sabar, dan mengendalikan diri.

2. Berikan Kegiatan yang Menyenangkan

Cara lain memberikan semangat puasa kepada anak dengan mengisi kegiatan yang menyenangkan. Buatlah puasa anak menjadi sangat spesial dengan mengajaknya berbelanja untuk berburu makanan buka puasa atau bisa mengajaknya untuk membantu menyiapkan menu-menu buka puasa.

3. Menu Buka Puasa yang Menarik

Anak akan semangat puasa jika diiming-imingi makanan kesukaannya ketika buka puasa nanti. Sebab, selain mainan, makanan menjadi hal penting dalam hidup anak-anak. Apalagi jika makanan tersebut yang mereka suka.

4. Memberikan Hadiah

Tidak ada salahnya Ayah/Bunda menjanjikan hadiah untuk anak jika ia berhasil melakukan ibadah puasa. Sebab cara ini banyak sekali dilakukan untuk memberikan semangat puasa kepada anak. Misalnya, memberikan mainan yang sudah lama ia inginkan atau mengajaknya berbuka puasa di restoran kesukaan mungkin menjadi pilihan yang tepat.

5. Beri Pujian

Agar anak semangat puasa, orangtua bisa memberikan pujian dan dukungan lagi jika ia tidak mampu untuk berpuasa satu hari penuh. Sebab, puasa merupakan tantang baru yang harus dijalani dan jangan memarahi anak jika belum bisa menyelesaikan puasa. Bahkan hal yang harus orangtua lakukan adalah memberikannya motivasi agar anak menjadi lebih semangat untuk berpuasa diesok harinya.