Ponsel pintar android kini sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang, termasuk anak-anak. Beda dengan zaman dulu, ponsel pintar sekarang juga digunakan oleh anak karena keinginan orangtua untuk memantau aktivitas anak (komunikasi) dan agar anak tidak ketinggalan teknologi kekinian.

Namun, kita tetap harus waspada dan mengawasi penggunaan smartphone mereka. Untuk itu, kali ini Jaka akan kasih tips mengenai 6 pengaturan smartphone Android yang wajib kamu terapkan untuk anak di bawah umur.

1. Gunakan Google Family Link

Google menciptakan aplikasi untuk mengakomodasi anak usia di bawah 13 tahun yang belum dapat mendaftarkan akun Google. Kebanyakan kejadian, si anak memalsukan umur mereka agar bisa membuat akun. Hal itulah yang kemudian dihindari Google dengan membuat aplikasi bernama Google Family Link.

Instal aplikasi ini untuk memudahkan anak di bawah umur membuat akun Google. Selain itu, keuntungan yang pasti didapat adalah orangtua bisa memantau dan mengontrol aktivitas sang anak karena akun Google yang terhubung dalam aplikasi tersebut.

2. Aktifkan Parental Controls di Play Store

Beragam aplikasi yang tersedia di Play Store memang dibuat dalam berbagai kategori dengan fungsi dan tujuan masing-masing. Namun, beberapa di antaranya tergolong aplikasi khusus dewasa alias gak pantas digunakan anak di bawah umur.

Untuk itu, perlu mengaktifkan fitur Parental Controls pada Play Store ponsel pintar Android si anak. Caranya cukup mudah yaitu cukup masuki Play Store > pilih menu Settings > Parental Controls > klik On untuk mengaktifkannya. Ayah/Bunda lalu bisa mengontrol dan menyaring aplikasi yang sekiranya tidak pantas untuk anak.

3. Aktifkan (Lagi) Parental Controls di Google Chrome

Masih fitur yang sama, bedanya fitur Parental Controls yang satu ini diterapkan pada browser (semisal Google Chrome) yang ada di smartphone Android anak. Caranya dengan pergi ke menu Settings > pilih Accounts & Privacy > Aktifkan opsi SafeSearch.

4. Gunakan Fitur Family Library

Satu lagi fitur yang bisa digunakan dan diaktifkan di Play Store. Family Library adalah fitur yang memungkinkan seluruh anggota keluarga, termasuk anak di bawah umur, untuk saling berbagi aplikasi. Dengan kata lain, orangtua juga bisa mengawasi aplikasi apa saja yang dirasa tidak layak digunakan anak-anak.

5. YouTube > YouTube Kids

YouTube mengeluarkan versi khusus untuk anak-anak yang diberi nama YouTube Kids. Dibuat khusus untuk anak di bawah umur, YouTube Kids tentu memberi rekomendasi video yang cocok untuk dikonsumsi anak-anak. Sehingga orangtua tidak perlu khawatir akan munculnya video yang kurang pantas dalam aplikasi ini.

6. Pantau Keberadaan Anak dengan Find My Device

Aplikasi Find My Device sejatinya diciptakan untuk menemukan ponsel pintar Android yang hilang atau dicuri. Namun, bisa juga dimanfaatkan untuk memantau lokasi ponsel yang digunakan anak. Dengan punya akses atas akun Google mereka, orangtua bisa memantau lokasi anak kapan pun dibutuhkan.

Itulah 6 pengaturan wajib ponsel Android yang harus orangtua terapkan untuk anak di bawah umur. Jangan sekali-kali meremehkan bahaya yang bisa ditimbulkan ponsel pintar untuk anak-anak ya. Tentu Ayah/Bunda tidak ingin hal buruk menimpa anak maupun kerabat, kan?