Jika ingin memunculkan jiwa kepemimpinan dalam diri anak, maka perlu dukungan dari seluruh pihak, rumah-sekolah-lingkungan rumah. Khususnya rumah, orangtua wajib membimbing anak agar seluruh potensinya keluar dan termaksimalkan.

Nah, ada beberapa cara yang dapat orangtua ajarkan kepada anak demi menumbuhkan jiwa kepemimpinan, yaitu

1. Mengajarkan sikap tanggung jawab kepada anak

Salah aspek dalam jiwa kepemimpinan adalah sikap tanggung jawab, oleh karena untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak sebaiknya mengajarkan anak pentingnya memiliki sikap tanggung jawab.

Orangtua bisa memberikan amanah atau tugas kepada anak untuk diemban. Bisa juga dengan menjadikan anak tersebut sebagai ketua kelompok atau ketua kelas sehingga merasa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepadanya sekaligus melalui cara tersebut jiwa kepemimpinan anak akan terbentuk.

2. Menanamkan sikap disiplin pada anak

Disiplin tinggi dalam hidup adalah kunci menjadi seorang pemimpin besar. Disiplin adalah cara agar waktu yang ada bisa digunakan seefektif mungkin. Di situlah letak jiwa kepemimpinan tumbuh.

Untuk menerapkan sikap disiplin, cara yang lumrah dilakukan adalah memberikan tugas kepada anak dan harus dikumpulkan tepat waktu. Anak juga harus ada di sekolah atau kelas sebelum bel tanda masuk berbunyi. Jika terlambat, akan diberi hukuman dan yang paling cepat datang diberi hadiah, dll.

3. Mendidik anak agar berani

Salah satu ciri seorang pemimpin adalah memiliki keberanian dan selalu siap menanggung konsekuensi dari apa yang diputuskannya. Lalu bagaimana cara menumbuhkan sikap berani pada anak?

Misalnya, menunjuknya untuk berdiri di depan kelas dan menjawab soal-soal, melakukan perlombaan yang menguji mental anak, menunjuknya sebagai pemimpin upacara, dll.

4. Mengajarkan anak sikap kasih sayang terhadap sesama

Kasih sayang terhadap sesama atau perasaan simpati dan empati terhadap keadaan orang lain merupakan benih-benih cinta yang bisa menumbuhkan sikap ingin melindungi dan menjaga. Hal tersebut sebenarnya adalah bagian dari jiwa kepemimpinan.

Cara mengajarkan anak pentingnya sikap kasih sayang bisa dengan mendongengkan kisah-kisah yang dapat membangun empatinya. Sebab dongeng yang rutin dibacakan kepada anak akan mengasah kepekaan nuraninya.

5. Ikut kegiatan ekstrakurikuler

Peranan kegiatan ekstrakurikuler dalam pembentukan sikap kepemimpinan anak sangat besar. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, anak akan diajarkan bagaimana sikap mandiri, tanggung jawab, disiplin, berani, dll.

Ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang memang telah diakui sebagai wadah dalam membina anak untuk menjadi pribadi yang berjiwa pemimpin seperti pramuka, palang merah, pencinta alam, dll.

6. Mengenalkan tokoh-tokoh besar

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak adalah dengan mengenalkan anak pada tokoh atau pemimpin yang sudah terkenal kebijaksanaannya. Bisa tokoh-tokoh sejarah maupun tokoh yang ada di sekitar lingkungannya.

7. Membekali anak dengan ilmu agama

Agama merupakan pedoman hidup. Sejak lahir, sebaiknya anak-anak diajarkan ilmu agama dari hal-hal sederhana, sesuai fitrahnya. Sebab pada dasarnya, agama mengajarkan manusia menjadi pribadi yang baik, menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri dan orang lain.