8 Fakta tentang ASI

Berbagai penelitian tentang ASI telah banyak diungkapkan dan semakin membuktikan bahwa hanya ASI, makanan dan minuman yang terbaik untuk bayi. Beberapa fakta tentang ASI antara lain:

  1. Harun Yahya, seorang ilmuwan muslim mengatakan bahwa ASI sangat kaya akan sari- sari makanan yang mempercepat pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan sistem saraf. Makanan makanan tiruan untuk bayi yang diramu dengan teknologi masa kini tidak mampu menandingi keunggulan makanan ajaib ini.
  2. Penelitian lain juga membuktikan bahwa bayi yang diberi ASI secara khusus terlindung dari serangan penyakit sistem pernapasan dan pencernaan. Hal itu disebabkan  zat-zat kekebalan tubuh di dalam ASI memberikan perlindungan langsung melawan serangan penyakit.
  3. Telah dibuktikan pula bahwa terdapat unsur-unsur di dalam ASI dpat membentuk sistem kekebalan melawan penyakit-penyakit menular dan membantunya agar bekerja dengan benar. ASI mengandung kuman khusus yaitu lactobacillus bifidus  yang bersifat tidak berbahaya bagi bayi dan tumbuh cepat dalam usus bayi yang mengkonsumsi ASI. Kuman tersebut menyebabkan perubahan dalam usus sehingga kuman lain, misal kumn E-Coli  yang menyebabkan diare tidak bisa berkembang dalam usus bayi.
  4. ASI juga mengandung zat komplemen yang berguna untuk merusak bakteri sehingga mudah dimakan sel darah putih dan jga berfungsi sebagai penawar alergi. ASI juga mengandung zat lisosim yang dapat memeahkan dinding bakteri dan jumlahnya dalam ASI 300 kali lebih banyak dibanding susu sapi.

Bersambung….

Sumber:Buku Ayo Menyusui terbitan Yasmina tahun 2011