Program air bersih yang dilakukan oleh Yasmina Foundation mulai berjalan sejak tahun 2007 dengan “menggandeng” lembaga lain sebagai mitra maupun donatur program. Seperti halnya beberapa tahun terakhir ini, Yasmina Foundation telah menjalin kerja sama dengan PT Tirta Investama khususnya Plant Ciherang atau yang dikenal dengan merek dagangnya yaitu AQUA. Pada tahun 2016, Yasmina Foundation bermitra dengan AQUA dalam pelaksanaan pembangunan sarana air bersih di wilayah Kp. Kongsi Desa Cigombong Kabupaten Bogor. Wilayah tersebut merupakan wilayah terdekat dengan sumber air AQUA sehingga sudah sepantasnya masyarakat di wilayah tersebut memperoleh bantuan dalam membangun akses air bersih yang mudah dijangkau.

Pembangunan sarana air bersih telah dilaksanakan sejak triwulan pertama tahun 2015. Sumber air yang digunakan adalah sumur bor sedalam 120 m. Kedalaman sumur disesuaikan dengan ketersediaan air di wilayah tersebut sehingga jika musim kemarau tiba, air di dalam sumur tetap tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain pembangunan sumur, dibentuk pula kepanitiaan yang akan mengelola air bersih sehingga kedepannya program ini akan terus berjalan meskipun sudah tidak ada pendampingan dari Yasmina Foundation. Panitia air bersih ini dilatih terkait pengelolaan air bersih, permasalahan yang mungkin dihadapi dan solusi yang dapat dilakukan.

Puncak dari program ini adalah syukuran peresmian air bersih di masyarakat. Syukuran dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2016 bertempat di rumah salah seorang warga Kp. Kongsi. Syukuran dihadiri oleh Kepala desa, perwakilan AQUA serta perwakilan Yasmina yaitu Ibu Dewi Zarrah. Penerima manfaat program ini kurang lebih 200 KK dimana lebih dari 65 KK telah merasakan sambungan air secara langsung ke rumah dan selanjutnya menyusul hingga jumlah maksimal 200 KK mendapat akses air bersih ini.

Semoga semakin banyak masyarakat yang memperoleh kebaikan dari air…