Pekan ke-3 bulan September 2021 Yasmina Foundation dan Danone Indonesia masih membersamai guru PAUD dan para kader posyandu, Dasawisma dan Tim Penggerak PKK di Jakarta Timur dan Kecamatan Citeureup Kab. Bogor. Rangkaian Program Edukasi Isi Piringku yang bertemakan “Isi Piringku dan SAMTAKU” merupakan pelatihan lanjutan bagi guru PAUD dalam upaya meningkatkan wawasan dan keterampilan guru sebagai motivator gizi bagi anak didik dan orang tua siswa. Suci Apriani, S.Gz., salah satu trainer andalan Yasmima Foundation, mengajak kita semua untuk memperhatikan porsi makan “isi piringku” bagi anak usia 4-6 tahun. Dengan porsi “isi piringku” yang tepat dan frekuensi yang cukup, maka kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral anak dalam sehari dapat terpenuhi.

Rangkaian akhir pengolahan makanan isi piringku adalah mengelola sampah di dapur. Pelatihan mengupas tuntas perihal kegiatan di dapur dalam mempersiapkan bahan makanan, memasak hingga mengelola sampah dapur. Melalui program Sampahku Tanggung Jawabku, Trainer andalan lainnya yang dimiliki Yasmina, Ahda Silmi, S.T., memaparkan betapa pentingnya pengelolaan sampah sejak dari rumah. Dengan aktivitas cegah, pilah dan olah, sampah dapat diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan rumah dan sekitar.

Pelatihan diikuti oleh lebih dari 600 peserta, yang dengan sangat antusias mengikuti hingga akhir acara. Tema praktis dalam pelatihan yang diselenggarakan melalui zoom meeting dan streaming Youtube Yasmina-Sekolah Kreativa ini menyedot atensi peserta, sehingga beragam pertanyaan dilontarkan kepada para trainer. Rangkaian Edukasi Isi Piringku menanti tindak lanjut dari para peserta berupa edukasi gizi di PAUD masing-asing dan lingkungan masyarakat pesera pelatihan. Bulan Edukasi Gizi dan serentak dilaksanakan pada bulan Oktober 2021, dengan harapan semakin tercerahkannya keluarga Indonesia akan Isi Piringku dan SAMTAKU, untuk Indonesia Maju, Indonesia Sehat Tahun 2024.