Setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah. Pendidikan berbasis fitrah atau Fitrah Base Education (FBE) pada dasarnya adalah mendidik anak sesuai dengan fitrah yang dimiliki.

Sebab sebetulnya, tugas orangtua dalam mendidik anak sangatlah sederhana, yaitu memelihara fitrah anak. Meski pada praktiknya, tentu banyak sekali hal-hal yang akan menguji kekonsistenan orangtua.

Apa itu fitrah?

Fitrah adalah apa yang menjadi kejadian atau bawaan manusia sejak lahir. Pengertian fitrah secara sistematik berhubungan dengan hal penciptaan (bawaan) sesuatu sebagai bagian dari potensi yang dimiliki.

Ada empat fitrah utama yang diperhatikan dalam penerapan FBE, yaitu fitrah keimanan, fitrah belajar, fitrah bakat, dan fitrah seksualitas.

Fitrah Keimanan

Fitrah keimanan meliputi fitrah beragama, fitrah bertuhan, fitrah kesucian, fitrah “malu”, fitrah “harga diri”, fitrah spiritual, fitrah berakhlak dan fitrah moral. Masa keemasan fitrah ini adalah pada usia 0-7 tahun.

Pada usia tersebut anak berada pada masa dimana imajinasi dan abstraksi berada pada puncaknya, alam bawah sadar masih terbuka lebar , sehingga imaji tentang Allah, tentang Rasulullah, tentang kebajikan mudah dibangkitkan pada usia ini.

Namun, tidak menggunakan metode doktrinisasi, melainkan melalui kisah inspiratif tentang  gairah kemuliaan budi pekerti, semangat kepahlawan maupun rasa persaudaraan sesama manusia.

Fitrah Belajar

Setiap anak adalah pembelajar tangguh dan hebat. Usia emas fitrah belajar berada pada usia 7-12 tahun. Usia 7-12 tahun secara perkembangan, anak berada pada masa di mana otak kanan dan otak kiri sudah tumbuh seimbang.

Ego sentris telah berkembang menuju sosiosentris sehingga mulai terbuka pada eksplorasi dunia luar. Perkembangan indera sensori sudah tumbuh dengan sempurna.

Fitrah Bakat

Setiap anak adalah unik. Mereka memiliki sifat bawaan masing-masing. Sifat bawaan yang unik ini berkaitan dengan keperibadian karena sifatnya melekat dan menjadi karakter kinerja.

Kepribadian yang produktif inilah yang disebut dengan bakat. Fitrah bakat mencapai puncak keemasan pada usia 10-14 tahun. Secara fitrah perkembangan usia 10-14 tahun anak berada pada masa menjelang dewasa.

Fitrah Seksualitas

Fitrah seksualitas adalah bagaimana seseorang berpikir, merasa dan bersikap sesuai dengan fitrahnya sebagai lelaki sejati atau sebagai perempuan sejati. Pendidikan fitrah seksualitas tentu berbeda dengan pendidikan seks.

Tujuan pendidikan fitrah seksualitas ini adalah membuat anak mengetahui identitas seksualnya, anak mampu berperan sesuai dengan identitasnya dan membuat anak mampu melindungi dirinya dari kejahatan seksual.