Saat si kecil menginjak usia 1 tahun, waktu untuk camilan sehat sebaiknya menjadi bagian dari asupan anak. Pada usia ini, anak sudah bisa memakan makanan yang mengandung garam dan gula tambahan. Namun, orangtua harus bijak dalam memilih camilan mana yang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil.

Sebetulnya, camilan adalah bagian dari diet sehat. Berikan sedikitnya 2 kali sehari untuk anak usia 1-3 tahun. Buatlah jadwal makan. Camilan sehat sebaiknya berjarak 1-2 jam sebelum atau sesudah makan besar (sarapan, makan siang, dan makan malam)

Ada beberapa pilihan camilan sehat untuk anak usia 1-3 tahun, yaitu :

Potongan buah segar

Untuk buah yang keras seperti apel dan pir, dapat diberikan langsung untuk bayi yang sudah mempunyai gigi geraham. Bagi yang belum, dapat dikukus sebentar agar lebih empuk dan mudah digigit.

Roti tangkap atau roti panggang

Bunda bisa mengoleskan mentega untuk menambah kandungan kalorinya. Roti dapat dibakar atau dipanggang agar terasa renyah dan hangat.

Produk susu

Susu maupun formula dapat dimasukkan sebagai bagian dari camilan sehat untuk anak 1-3 tahun. Mam juga dapat menambahkan yoghurt dan keju. Ingat, selalu pilih produk regular atau yang mengandung full-fat cream untuk anak di bawah 2 tahun.

Jeli atau puding

Untuk menambah nilai gizi dan kalori dari jeli dan puding, Mam dapat mengganti sebagian dari air yang diperlukan dengan susu. Tambahkan juga potongan buah yang empuk, biji selasih atau bahkan chia seeds di dalam jeli.

Muffin sehat

Muffin dapat dibuat sendiri di rumah agar terjamin kebersihan dan kesehatannya untuk dikonsumsi anak. Bunda bisa menambahkan garam sedikit.