Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allahyang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui, (QS 30:30)

Penerapan FBE dapat dilakukan sejak anak lahir. Justru sejak lahir itulah pengajaran berbasis fitrah ini akan melekat kuat dan menjadi karakter setelah anak dewasa. Kira-kira, pada usia pra latih (0-6 Tahun), intensifkan pengajaran fitrah kepada anak sambil beraktivitas sehari-hari.

1. Fitrah Keimanan

Membangkitkan kesadaran Allah sebagai Rabb melalui keteladanan, kisah inspiratif dan menciptakan imaji yang positif atau kecintaan terhadap diri, Allah, ibadah dan agama.

2. Fitrah Belajar

Membangkitkan semangat belajar melalui bahasa ibu, belajar di alam, belajar bersama ayah dan bunda, membangkitkan imaji positif tentang alam dan kehidupan, serta melakukan eksperimen di alam.

3. Fitrah Bakat

Mengembangkan kesadaran bakat lewat penghargaan sifat unik (positif) dan tidak membenturkannya dengan adab.

4. Fitrah Seksualitas

Menciptakan kelekatan sesuai dengan tahap perkembangan usia. Pada usia 0-2 tahun anak didekatkan dengan ibunya, sebab berkaitan dengan proses menyusui. Pada usia 3-6 tahun didekatkan kepada ayah dan bundanya.

Pada usia 3 tahun harus jelas bagaimana bersikap, berbicara, dan merasa sesuai fitrah seksualnya. Dimulai dari hal yang sederhana, seperti pakaian dan toilet training.