Anak masa kini memiliki pemahaman yang luas tentang teknologi. Jangan sampai orangtua tidak bisa mendampingi dan membimbing anak hanya karena tidak paham apa yang tengah dioperasikan anak di ponselnya atau laptopnya.

Dengan memahami teknologi dan semua hal kekinian, orangtua dapat mengontrol dengan mudah aktivitas anak. Apa saja yang perlu dilakukan orangtua agar sama ‘melek media’-nya dengan anak?

Ikut Belajar

Satu-satunya cara agar orangtua dan anak tidak saling terasing dan ngotot pada cara belajar masing-masing adalah dengan ikut belajar tentang perkembangan digital terkini bersama anak. Pikirkan bagaimana tren digital terbaru bisa menjadi alat belajar yang mudah dan cepat untuk anak.

Mengusahakan Keseimbangan

Teknologi digital dapat menghadirkan banyak hal positif dalam belajar, menawarkan kegiatan menantang, dan kesempatan untuk belajar menyelesaikan masalah sehari-hari. Namun, pastikan anak-anak memiliki kegiatan yang beragam di luar rumah untuk mendukung kesehatan, kecerdasan, dan kebutuhan sosial mereka.

Menjadi Teladan

Untuk melek media dan menjadi pemelajar sepanjang hayat, termasuk bersemangat belajar hal baru secara mandiri, anak-anak masih melihat kepada orangtuanya. Contoh yang sederhana adalah bagaimana etika di dunia maya. Ingat, di dunia tanpa batas, orangtua juga menjadi rekan belajar mereka. jadilah teladan yang baik.