Semua sifat dan sikap anak dipengaruhi oleh faktor pemicu. Setidaknya, ada dua faktor yang sangat berperan pada pembentukan pribadi anak yakni faktor internal (dalam diri anak) dan faktor eksternal (diluar diri anak).

Faktor internal

Faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam diri anak memiliki peran dalam pembentukan sikap kepemimpinan anak. Adapun faktor internal yang berpengaruh terhadap jiwa kepemimpinan anak adalah sebagai berikut

Kepribadian anak atau karakter anak, kedisiplinan anak, tanggung jawab. jujur, sikap percaya diri anak, perasaan simpati dan empati, sikap berani, dll.

Faktor eksternal

Faktor eksternal yaitu pengaruh yang berasal dari luar diri anak atau yang ada di lingkungan sekitar anak bersosialisasi sangat berperan dalam pembentukan jiwa kepemimpinan anak terbagi menjadi 3 yaitu

Lingkugan keluarga

 

Lingkungan keluarga merupakan tempat di mana anak menghabiskan masa kecilnya, diusia kanak-kanak mereka dalam proses meniru perilaku orang disekitarnya. Oleh karena itu agar lingkungan keluarga memberi pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan jiwa kepemimpinan anak, sebaiknya orangtua menjadikan dirinya contoh atau teladan bagi anak-anaknya.

Lingkungan sekolah

Sekolah merupakan tempat anak belajar mulai dari pembelajaran kognitif, afektif dan psikomotorik. Guru sebagai pendidik dan pengajar juga memiliki peran yang subtansial dalam hal menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak.

Lingkungan masyarakat

Lingkungan masyarakat merupakan tempat dimana anak bisa mempelajari banyak hal yang jarang ditemui di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Mulai dari perilaku menyimpang, kekerasan, dan banyak lagi hal-hal negatif yang bisa anak saksikan di lingkungan masyarakat.

Oleh karena itu orangtua harus mendampingi anak dalam bersosialisasi di masyarakat. Serta memperhatikan siapa yang bisa menjadi teman bagi anaknya agar pribadi anak tidak terpengaruh oleh hal hal negatif yang ada di masyarakat.