Edukasi Gizi dan Kesehatan Isi Piringku menjadi angin segar bagi masyarakat Bekasi. Pasalnya, acara yang diselenggarakan oleh Yasmina Foundation bekerja sama dengan AQUA – Danone ini membuka pemahaman masyarakat akan pentingnya pangan dengan gizi seimbang.

Bagi pertumbuhan anak, faktor gizi adalah prioritas utama orangtua untuk diperhatikan dengan seksama. Sedini mungkin, bahkan sejak dalam kandungan, anak harus sudah memperoleh makanan bergizi.

Program yang dilaksanakan pada Selasa, 5 Desember 2017 ini berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00 WIB. Bertempat di PAUD Nurul Amal Bekasi, acara terselenggara dengan meriah, terbukti dari antusiasme para orangtua dan anak-anak.

Selain perwakilan Yasmina Foundation, acara tersebut turut dihadiri Manajer CSR dan Sosial Masyarakat Danone, Area Manajer CSR Danone Jawa Barat, Manajer CSR Pabrik AQUA Bekasi, Ketua Himpaudi, Guru PAUD, Karang Taruna, dan Fasilitator Gizi. Peserta yang hadir berjumlah 25 orang, terdiri dari perwakilan HIMPAUDI.

“Acara ini terselenggara berkat kerja sama berbagai pihak, yakni Yasmina dan Aqua-Danone yang diperuntukkan bagi masyarakat. Edukasi gizi menjadi penting agar kesehatan penduduk meningkat melalui konsumsi makanan yang benar,” ujar Alwan Bukhori, selaku Manajer CSR dan Sosial Masyarakat Danone.

Alwan Bukhori juga mengungkapkan tentang persoalan gizi Indonesia terutama masalah stunting (pendek) pada anak-anak Indonesia. Sebanyak 26.1% anak Indonesia mengalami stunting. Stunting dapat dicegah sejak kehamilan jika ibu mengonsumsi makanan bergizi.

“Masyarakat perlu mengetahui dan memahami apa saja makanan bergizi yang ada dalam satu piring sekali makan. Komposisinya harus terdiri dari apa saja, ini penting sekali untuk diketahui agar hidup kita menjadi sehat,” jelas Iis Istiqamah, selaku Direktur Yasmina Foundation.

Selanjutnya, Iis memaparkan tentang pentingnya gizi seimbang dan berapa banyak porsi makanan yang harus dimakan anak (isi piringku) dalam satu kali makan. Paparan materi-materi ini diharapkan dapat dipraktikkan guru-guru bersama siswa.

Acara secara resmi dibuka oleh Area Manajer CSR Danone Jawa Barat, Lucy Nawangningtyas. Sebelum memasuki sesi penyampaian materi, peserta melakukan senam fisik agar dapat memulai pembelajaran dengan hati bahagia dan ceria. Hal tersebut tampak dari antusiasme peserta saat bertanya. (*/Sekar)