Saat cuaca tak menentu atau pancaroba biasanya anak cenderung lebih rentan sakit. Flu, demam, batuk, radang tenggorokan, diare bahkan demam berdarah bisa mengintai si kecil termasuk anggota keluarga lainnya. Kondisi seperti ini membuat para orangtua perlu melakukan persiapan ekstra untuk memastikan kesehatan anak, karena kondisi imun si kecil belum sekuat orang dewasa.

feed.merdeka.com

Lantas bagaimana cara melindungi balita agar tidak mudah sakit saat musim pancaroba?

Tutup Hidung dengan Lipatan Siku

Ajarkan balita untuk tidak menutup hidung dengan kedua tangan saat bersin. Jika sedang bersin, seringnya secara otomatis kita akan menutup hidung dan mulut dengan kedua tangan.

Coba ajarkan anak menutup mulut dan hidung dengan menggunakan lipatan siku. jauhkan tangan dari wajah, terutama, hindari menyentuh area mata, hidung, dan mulut, karena ini adalah area-area tempat jalan masuk virus flu ke dalam sistem tubuh anak.

Jika anak menyentuh area mata, hidung, dan mulut, pastikan tangannya dalam kondisi bersih.

Cuci Tangan dan Kaki Setelah Bermain Di Luar

Selalu menjaga kebersihan. Menjaga  kebersihan anak bukan berarti mereka tidak boleh main di luar. Berikan si kecil kebebasan dalam beraktivitas selama orangtua dapat memastikan keamanannya.

Biasakan agar si kecil mencuci tangan dan kaki setelah bermain di luar, keluar dari kamar mandi, setelah bermain dengan hewan peliharaan, sebelum makan, dan tidur. Mungkin terdengar sepele, tetapi dengan membiasakan selalu mencuci tangan beragam bakteri bisa terhindari masuk ke dalam tubuh si kecil.

Gunakan Masker

Biasakan gunakan masker. Selain menjaga kebersihan tubuh dan tangan, menggunakan masker juga dapat membantu anak terhindari dari resiko tertular penyakit. Membiasakan si kecil menggunakan masker mungkin tidak mudah karena dirasa kurang nyaman dan membatasi aktivitas mereka.

Tak perlu khawatir, orangtua dapat memberikan penjelasan logis dan sederhana pada anak kenapa harus mengenakan masker. Anjurkan si kecil menggunakan masker ketika ada teman yang terkena flu dan selama di perjalanan. Usahakan menggunakan masker kain yang dapat dicuci.

Siap Jas Hujan

Siapkan Jas Hujan. Jika mengendarai sepeda motor, pastikan selalu memakai jaket dan jas hujan saat berkendara di tengah hujan. Apalagi saat mengantarkan anak ke sekolah, pakaikan pelindung hujan yang lengkap. Tidak hanya jas hujan atau payung, siapkan pula sepatu bot untuk melindungi dari air hujan, genangan air, serta cipratan air yang mengalir di jalan-jalan.

Hindari berbagi peralatan makan dengan orang lain

Bertukar alat makan ternyata juga bisa menjadi salah satu media penularan penyakit pada anak! Meski terkesan lebih praktis, sebaiknya hindari kebiasaan berbagi peralatan makan di antara anggota keluarga, termasuk menghabiskan sisa makanan di piring anak-anak. Hal ini untuk menghindari penyebaran kuman, terutama jika ada anggota keluarga yang sedang sakit.