Sebagai seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui, sangat direkomendasikan untuk memperhatikan dan memilah makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Hal ini menjadi sangat penting karena ibu menyusui juga memberikan ASI yang merupakan makanan dan sumber gizi bagi buah hati. Asupan gizi memang harus dipenuhi seorang ibu agar mampu memberikan ASI dengan kualitas terbaik.

Berikut jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu menyusui;

1. Ikan salmon

Daging ikan salmon sendiri sudah terkenal akan kandungan gizinya yang bermanfaat baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Konsumsi daging ikan salmon bagi ibu menyusui bisa memberikan manfaat bagi bayi karena kandungan daging ikan salmon yang baik dengan adanya DHA.

DHA dikenal sebagai zat yang berperan dalam mendukung perkembangan sistem saraf sehingga tidak heran jika makanan ini kerap dikenal mampu meningkatkan kecerdasan.

2. Susu dan Yoghurt

Tentu saja pilihlah susu rendah lemak. Baik susu maupun yoghurt dikenal baik untuk ibu menyusui karena mengandung berbagai kandungan gizi seperti vitamin B dan D, kalsium, dan protein.

Terutama kandungan kalsium dalam susu dan yoghurt yang berperan dalam pembentukan dan perkembangan tulang bayi. Setidaknya konsumsi tiga cangkir susu setiap harinya untuk memberikan gizi optimal bagi bayi Anda.

3. Daging merah tanpa lemak

Seorang ibu menyusui tidak boleh sampai drop apalagi kekurangan darah lantas lemas. Penuhi kebutuhan zat besi tubuh dengan konsumsi daging merah yang tentunya juga tanpa lemak.

Selain mengandung zat besi yang relatif tinggi, daging merah juga diketahui mengandung protein tambahan serta vitamin B12 yang dikenal merupakan sumber gizi yang baik bagi ibu menyusui.

4. Kacang-kacangan

Terutama kacang merah dan kacang hijau, adalah jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk menjadi makanan bagi ibu menyusui.

Kacang hijau dikenal sebagai sumber vitamin B dan mampu melancarkan ASI sementara kacang merah dikenal akan kandungan protein dan zat besi yang tinggi sehingga mencegah anemia pada ibu menyusui sekaligus mampu membantu tubuh dalam mempercepat penggantian sel rusak.

5. Telur

Telur menjadi salah satu sumber makanan yang penting bagi ibu menyusui dan bagian terpenting terletak pada kuning telur.

Bagian ini memiliki kandungan gizi berupa vitamin D yang berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang ibu dan anak. Menu ini juga dapat memenuhi kebutuhan protein harian. Padukan dengan konsumsi roti gandum sebagai menu makanan lezat di pagi hari.

6. Sayuran hijau

Sayuran hijau tidak pernah boleh absen dari daftar makan sehari-hari terutama bagi ibu menyusui. Bayam, brokoli, serta kangkung adalah beberapa contoh sayuran hijau yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui karena sayuran ini mengandung berbagai vitamin, kalsium non susu, dan juga zat besi.

7. Air mineral

Air mineral memang mutlak harus dikonsumsi minimal 8 gelas dalam sehari. Ibu menyusui tentu saja tidak diperbolehkan dehidrasi. Kekurangan konsumsi air mineral dapat mengakibatkan pikiran tidak fokus dan cenderung lemas.

Tingkatkan konsumsi air mineral dan padukan dengan jus atau susu. Sementara waktu, hindari kebiasaan minum kopi atau teh karena kandungan kafein yang dikonsumsi ibu menyusui dan tersalurkan pada bayi akan membuat ibu dan bayi menjadi kesulitan untuk tidur malam.