Bagi ibu baru, perlu mengetahui cara menyusui bayi baru lahir yang tepat, agar bisa melakukannya dengan nyaman dan kebutuhan ASI juga bisa tercukupi dengan baik.

Namun demikian, menyusui bayi untuk pertama kali bukanlah hal mudah. Bahkan mungkin butuh perjuangan keras bagi sebagian ibu. Sehingga tak jarang, banyak ibu baru harus berkonsultasi berkali-kali ke bidan atau dokter sampai bisa menyusui dengan benar.

1. Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

IMD adalah proses menyusui yang pertama bagi seorang ibu. Tempatkan si kecil di dada dan posisikan payudara hingga puting menyentuh mulut bayi. Dorong bayi untuk membuka mulutnya dan mencoba untuk mengisap.

Bisa jadi, hal ini tidak berhasil dalam percobaan pertama, tapi harus sabar dan terus mencobanya hingga berhasil.

2. Pelekatan

Pelekatan yang sempurna terjadi ketika mulut bayi menutupi seluruh areola, bukan hanya puting. Teruslah mendorong bayi dengan lembut untuk melakukan hal ini.

Apabila Bunda merasakan sakit saat menyusui, jangan panik, karena ini umum terjadi. Secara perlahan, masukkan satu jari di antara gusi bayi untuk melonggarkan mulut bayi dari payudara. Dan mulailah prosesnya dari awal.

3. Memilih tempat nyaman untuk menyusui

Mencari tempat yang nyaman adalah salah satu cara menyusui bayi baru lahir yang bisa dipraktikkan. Agar proses menyusui berjalan lancar, ibunya perlu merasa nyaman. Karena itulah, tempat nyaman untuk menyusui diperlukan. Bila tubuh tidak nyaman, proses menyusui bisa terasa melelahkan, bahkan menyakitkan.

Oleh sebab itu, carilah tempat dan posisi senyaman mungkin untuk menyusui. Pakai bantalan untuk menyandarkan tubuh, posisikan diri senyaman mungkin.

4. Konsultasi

Hal yang lumrah dialami adalah payudara bengkak, puting sakit, atau bahkan mastitis. Ketika masalah dalam menyusui ini terjadi, cobalah berkonsultasi pada bidan, dokter atau konsultan laktasi.

Bila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa memburuk dan membuat ibu tidak bisa menyusui, atau malah membenci proses menyusui karena membuat tubuh kesakitan

5. Membuat diri senyaman mungkin

Coba beberapa posisi sebelum menemukan pose paling nyaman untuk menyusui, baik untuk ibunya maupun bayi. Namun, posisi yang dipilih mungkin tidak akan bertahan lama, seiring pertumbuhan bayi.