Kapan Ananda Siap Sekolah?

Bagi kita, oranngtua yang memiliki balita, menentukan saat yang tepat bagi ananda siap sekolah terkadang menjadi hal yang penting. Apalagi kini semakin banyak sekolah yang menawarkan berbagai keunggulan. Timbul pertanyaan bagi kita orangtua, pada usia berapa ananda bisa bersekolah? Hingga kini belum ada jawaban yang paling tepat dan belum ada alasan yang mengikat.

Pada umumnya, sekolah menyamaratakan batas usia bagi ananda yaitu 5 tahun untuk usia Taman Kanak-Kanak. Karena pada usia tersebut, ananda diharapkan telah memiliki perkembangan psikologi dan intelektual yang cukup. Apabila ananda belum mencapai usia yang cukup, kita dapat mengetahui kesiapan ananda bersekolah dengan mengamati beberapa hal. Seperti, perkembangan dalam hal sosial dan emosionalnya, sebagai contoh konkret ananda dikatakan telah matang sosial emosionalnya ketika ia dapat bergaul dan mematuhi aturan.

Kita dapat juga melihat perkembangan fisiknya. Saat koordinasi tangan dan kakinya sudah mulai berjalan dengan baik, seperti senang bermain bola dan berlari. Perkembangan bahasa dan literasi juga dapat diamati, saat anak kita sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap buku dan membaca. Hal ini bisa diamati, ketika anak kita mulai memperhatikan gambar yang terdapat di dalamnya dan mulai mengamati serta penasaran akan makna dari gambar tersebut.

Pemikiran secaa logis pun sudah mulai tumbuh, ananda telah dapat membedakan warna serta macam-macam benda, berhitung, menggunakan panca inderanya untuk mengenali sesuatu. Juga, saat ananda telah menyukai seni, seperti menyanyi, menari, melukis, bermusik, bermain peran dan sebagainya.

Bila perkembangan-perkembangan tersebut sudah mulai tampak pada diri ananda, kita dapat mempertimbangkan untuk mendaftarkannya ke dalam lingkup formal (bersekolah).

Bukan masalah bila memasukkan ananda sekolah sedini mungkin. Hanya saja tujuan utama menyekolahkannya perlu diperhatikan. Jika ananda pemalu dan sedikit manja dengan bersekolah akan memudahkan dirinya belajar beradaptasi dan mengembangkan kemampuannya yang lain. Selain itu, ananda akan mulai belajar mengenal aturan dan norma yang berlaku (eva)