Tak hanya orangtua, anak-anak juga bisa mudah lupa jika konsentrasinya mudah goyah. Seorang anak yang konsentrasinya gampang dan cepat teralihkan secara acak, ada kemungkinan daya ingatnya juga menjadi menurun. Jika anak mudah lupa, Ayah/Bunda bisa membantunya dengan cara-cara sederhana.

Sediakan Tempat Khusus

Sediakan tempat khusus untuk menyimpan tas, map, dan buku penghubung, serta berbagai pernak pernik sekolah. Bisa juga, Ayah/Bunda membuat semacam kotak pos bersama si kecil. Ajari ia untuk meletakkan semua pesan, surat, buku penghubung untuk Mama di kotak itu setiap pulang sekolah.

Buat Rutinitas

Buat rutinitas membongkar isi tas dan menatanya kembali untuk esok hari pada waktu yang sama, misalnya sepulang sekolah. Hal ini dimaksudkan agar anak terbiasa mengingat karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Latih Anak Mandiri

Biarkan si kecil yang melakukan semuanya, seperti meletakkan kotak bekal dan botol minum di dapur, menunjukkan buku penghubung dan surat yang didapat dari sekolah kepada orangtua, lalu meletakkan PR di meja belajar.

Perlahan-lahan, libatkan anak untuk menyiapkan dan memastikan dirinya membawa barang-barang yang ia butuhkan sebelum berangkat sekolah.