Bicara tentang feses memang terasa menjijikkan dan tabu bagi sebagian orang. Namun, akan berbeda jika kita tahu warna feses dapat menunjukkan kesehatan buah hati. Mengeluarkan feses atau kotoran adalah gambaran umum jika pencernaan seseorang lancar, berikut ini arti dari warna feses bayi:

1. Warna Feses Kuning

Warna kuning adalah indikasi feses normal. Susu yang dikonsumsi bayi amat mempengaruhi warna fesesnya. Bila bayi minum ASI secara eksklusif, tinjanya berwarna lebih cerah dan cemerlang atau didominasi warna kuning, karenanya disebut golden feces.

Berarti ia mendapat ASI penuh, dari foremilk (ASI depan) hingga hindmilk (ASI belakang). Namun, warna kuning bisa menjadi berbahaya apabila sangat cair karean bayi berarti terindikasi diare.

2. Warna Feses Hijau

Feses berwarna hijau juga masih masuk kategori normal. Namun. warna hijau pada feses pun bisa menjadi perhatian Sahabat Ummi untuk dikonsultasikan pada dokter  jika keluar terus menerus dan mengeluarkan bau asam sera sering mengeluarkan kentut.  Karena idealnya warna hijau pada feses akan berselingan keluar dengan warna kuning.

3. Warna Feses Coklat

Feses berwarna coklat diindikasikan sebagai feses yang normal, sama seperti warna kuning atau cerah. Feses berwarna cokelat karena konsumsi utama ASI bayi yang sudah dicampur dengan susu formula.

Susu formula membuat warna feses yang seharusnya cerah atau kuning berubah menjadi lebih gelap, seperti kuning tua, coklat tua, kuning kecoklatan atau coklat kehijauan.

4. Warna Feses Merah

Sahabat Ummi, warna merah pada feses terutama disertai dengan tetesan darah menjadi tanda bahaya. Ada dua penyebab kondisi ini, yaitu alergi susu formula atau telah terjadi invaginasi (penyumbatan pada usus). Kedua penyebab ini harus segera mendapatkan penanganan medis dengan cepat. Jika ternyata bayi mengalami invaginasi, maka solusinya adalah operasi.

pintaram.com

Refrensi: ummi-online.com