Ada sebagian orang yang mengeluh bahwa selera makan saat sahur menjadi turun karena harus bangun sangat pagi dalam keadaan masih mengantuk. Namun, jangan menjadikan hal itu sebagai alasan, karena dalam sahur ada banyak keberkahan, bahkan disebutkan jika makan sahur itu hukumnya sunnah.

Oleh karena itu, pastikan tidak pernah meninggalkan makan sahur di bulan ramadhan. Tapi bagaimana jika anak-anak malas makan sahur? Maka, lakukan 6 hal berikut ini:

1. Terus ulangi kepada anak bahwa makan sahur itu ibadah

Dalam sahur terdapat banyak keberkahan, bahkan disebutkan jika hukumnya adalah sunnah. Ketika mengamalkannya maka akan ada pahala sunnah yang didapatkan.

Dari Anas bin Malik ra beliau berkata, Nabi SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah” (Muttafaqun ‘alaih)

2. Pilih makanan yang menambah selera makan

Waktu dini hari seringkali membuat anak malas menikmati makanan. Akan tetapi karena hikmah dan manfaatnya besar, maka haruslah kita paksakan. Salah satu caranya adalah dengan memilih makanan yang menambah selera makan, seperti makanan berkuah, makanan dengan bentuk kreatif, makanan yang dibakar atau yang diolah dengan cara dikukus.

3. Hindari makanan berat

Makanan berat, seperti mengandung karbohidrat tinggi, berbumbu tajam atau bersantan tidak hanya membuat kita kehilangan selera makan, tapi juga berpotensi membuat pencernaan bermasalah selama puasa.

4. Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya nutrisi dan serat yang membuat kenyang lebih lama sehingga sebaiknya anak-anak tidak boleh melewatkannya. Ayah/Bunda bisa mengonsumsi dengan cara diolah dengan dibuat jus, direbus lalu dilalap, ditumis, dll. Konsumsi buah pada tahap pertama sebelum makan. Selain sunnah, makan buah sebelum makan berat akan membuat

5. Cukupi kebutuhan cairan

Cairan sangat dibutuhkan tubuh sebagai bekal saat seharian penuh berpuasa. Minum air putih sebanyak 3-4 gelas selama waktu sahur. Minumlah air hangat, jangan air es sebab air hangat yang diminum saat sahur akan membuat kita tidak mudah haus saat siang hari.

6. Pilih lauk yang tepat

Untuk lauk, bisa memilih lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti : tahu, tempe, telur, daging, ikan, dan lainnya. Agar tidak bosan, bisa mengolah lauk dengan cara yang bervariasi, seperti : dipepes, dibacem, dikukus, ditumis, dibakar, dipanggang dan lainnya.

Setelah mengetahui beberapa tips diatas, pastinya kita sekeluarga akan lebih bersemangat lagi untuk melaksanakan ibadah yang luar biasa ini.