tips agar anak semangat menyantap makanan sehat (sumber:www.ibudanbalita.com)

Terkadang sebagai orangtua kita kewalahan menyajikan makanan sehat untuk anak, karena selain harus lebih selektif juga si anak yang susah untuk menyantap makanan sehat tersebut.

Yasmina mau berbagi tips agar anak kita makin semangat menyantap hidangan sehat yang sudah kita sajikan:

  1. Cobalah buat variasi menu yang beragam dengan memasukkan aneka sayuran ke dalam masakan kita, contohnya: telur dadar sayur, bakwan sayur, perkedel dengan sayur, dan bitter ballen.
  2. Untuk menggugah selera makan anak, terkadang kita perlu memberikan tampilan yang menarik. Keinginan menyantap masakan kita bisa jadi karena penyajiannya yang menarik, disamping rasanya yang juga tak kalah enak.
  3. Cobalah untuk mengajak teman bermainnya yang suka sayur untuk makan bersama, sehingga anak lebih termotivasi untuk ikut makan sayur.
  4. Berikan contoh kepada anak kita dengan memakan sayuran setiap kali makan, karena anak cenderung memiliki perilaku mencontoh orang lain.
  5. Memberikan reward (hadiah) kepada anak saat ia mulai mencoba memakan sayuran. Di saat anak telah berani mencoba makan sayuran, meskipun hanya sedikit, berikan penghargaan padanya. Hal ini bisa memotivasi anak untuk kembali mencoba. Nah, ketika anak sudah nyaman menyantap sayuran atau bisa dikatakan menyukai sayuran, hentikan pemberian reward tersebut.

Semoga kelima tips tadi bermanfaat untuk para orangtua dalam menyajikan makanan sehat untuk anak. Yang paling penting, ajarkan anak untuk makan sayuran sejak dini, karena sayuran adalah makanan yang banyak memberikan manfaat gizi untuk anak.