Bagi Bunda yang sedang merencanakan kehamilan, atau menjalani program hamil, jangan lupa untuk memperhatikan dengan betul konsumsi makanan penunjang kesuburan rahim agar peluang hamil jadi lebih besar.

12 jenis makanan berikut bisa membantu menurunkan risiko keguguran dan menjaga kehamilan agar tetap sehat;

1. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, brokoli, dan asparagus tinggi kandungan asam folat. Kandungan nutrisi dari sayuran hijau meningkatkan pematangan sel telur pada wanita, menurunkan risiko keguguran, atau masalah genetik pada bayi.

2. Susu penuh lemak

Susu atau produk susu yang penuh lemak sehat dan kalsium bisa meningkatkan kesuburan, juga penting untuk kehamilan. Bila tidak suka, bisa diganti dengan es krim, keju atau yogurt.

3. Telur

Telur mengandung banyak vitamin D, kolin, dan asam folat. Juga nutrisi lain yang meningkatkan sistem reproduksi pada wanita.

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak merupakan sumber makanan kaya dengan asam lemak esensial yang berpengaruh bagi sintesa prostaglandin. Prostaglandin ini merupakan jenis hormon yang dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas sperma.

Ikan berlemak, seperti salmon ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang meningkatkan kualitas sel telur dan menunda penuaan indung telur.

5. Kubis Brussel

Kubis Brussel kaya akan asam folat yang bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Kubis kecil ini juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tinggi.

6. Nasi merah

Kandungan karbohidrat kompleks dalam nasi merah, membantu mengatur ovulasi, sehingga bisa menambah kesuburan wanita. Nasi merah juga mengandung banyak asam folat yang sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.

7. Pisang

Pisang adalah buah yang mudah ditemui dan murah, sehingga bisa dikonsumsi setiap hari. Pisang mengandung banyak vitamin B6 yang membantu mengatur hormon agar tetap stabil.

8. Kacang almond

Semua jenis kacang bagus untuk mereka yang sedang promil, dan kacang almond yang paling bagus. Kacang almond tinggi kandungan vitamin E dan asam lemak omega 3 yang membuatnya makanan kesuburan paling dianjurkan.

9. Makanan untuk kesuburan – Kedelai hitam

Jika mengalami masalah kesuburan seperti PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik), atau masalah imun, maka mulailah memasukkan kedelai hitam dalam menu harian.

Kedelai hitam kaya akan kandungan serat yang membantu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil. Juga membantu keseimbangan hormon yang lebih sehat. Selain itu, kedelai hitam juga mengandung banyak nutrisi penting seperti folat, mangan, protein, magnesium dan zat besi yang penting bagi para Bunda yang sedang promil.

10. Biji labu

Biji labu tinggi kandungan zinc, juga merupakan salah satu makanan kesuburan yang disarankan bagi pria dan wanita. Zinc membantu menambah kesehatan sperma dan sel telur. Juga membantu perkembangan sel di fase embrio, sehingga sangat penting dalam proses pembuahan.

11. Buah citrus

Buah-buahan sitrus dan keluarga buah jeruk sangan bagus untuk menambah kesuburan. Kandungan vitamin C yang tinggi membantu pelepasan sel telur dari ovarium.