Buku merupakan investasi ilmu yang tidak ada habisnya. Demi membuat anak mencintai buku dan aktivitas membaca, maka harus dicontohkan terlebih dulu oleh orangtua. Pembiasaan kepada anak wajib dimulai pertama kali oleh Ayah dan Ibunya.

Sebagai strategi yang perlu dilakukan untuk membudayakan literasi di rumah yakni membiasakan jadwal membaca, berdiskusi mengenai buku yang dibaca, mendongeng, dan yang tak kalah penting adalah membuat perpustakaan mini di rumah.

Barangkali membuat perpustakaan di rumah terdengar sulit, butuh biaya besar, atau bahkan anggapan lainnya yang mengesankan bahwa adanya perpustakaan di rumah itu tidak penting. Padahal, dengan adanya perpustakaan di rumah, anak akan terbiasa dengan buku-buku dan aktivitas bersamanya.

Di rumah, mungkin Ayah/Bunda memiliki banyak koleksi buku. Di mana buku-buku tersebut disimpan? Jika hanya ditumpuk di meja kamar atau lemari dan jarang dibaca, tentu sangat disayangkan.

Untuk menumbuhkan minat baca keluarga, terlebih anak-anak, Ayah/Bunda dapat menata koleksi buku tersebut di sebuah perpustakaan mini keluarga. Saat libur akhir pekan nanti, ajak anak untuk membuat perpustakaan mini di rumah.

Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan untuk membuat perpustakaan mini di rumah bersama anak.

1. Siapkan tempat

rumah.com

Sediakan ruangan di rumah untuk dijadikan perpustakaan mini untuk keluarga. Tak perlu ruangan luas, yang terpenting ruangan tersebut tidak panas, mendapat cahaya yang cukup, bisa digunakan untuk meletakkan rak buku, dan sebagai tempat untuk membaca. Perpustakaan mini ini bisa juga dibuat menyatu dengan ruang keluarga sehingga tidak terlalu memakan tempat.

2. Siapkan perlengkapan

doingliteracy.wordpress.com

Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain rak buku, pembatas buku, kursi, meja kecil, dan alas duduk atau karpet. Ajak si Kecil menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Jika rak buku ditempel di dinding, sebaiknya sesuaikan dengan tinggi badan anak supaya mudah dijangkau.

3. Kumpulkan buku-buku dan buat kategorinya

doingliteracy.wordpress.com

Ajak anak untuk mengumpulkan buku-buku yang dimilikinya, misalnya buku cerita, komik, majalah anak, ensiklopedia, dan lain-lain, begitu pun dengan Anda. Selanjutnya, bimbing anak untuk membuat kategori buku pada kertas tempel untuk ditempel di rak buku. Hal ini supaya memudahkan pengelompokan buku.

Selanjutnya, libatkan anak untuk menata koleksi buku di rak buku sesuai dengan kategorinya, misalnya kategori buku cerita anak, buku pendidikan, buku ensiklopedia, buku masakan, komik, buku kesehatan, majalah olahraga, majalah anak, dan lain-lain.

4. Buat suasana nyaman untuk anak

productivemamas.com

Supaya anak betah di perpustakaan mini ini, Anda sebaiknya membuat tempat ini nyaman untuknya. Sebagai contoh, beri hiasan origami warna-warni di jendela, tempel hiasan dinding dan pernak-pernik favorit anak, dan gunakan karpet atau alas duduk dari puzzle warna bergambar yang membuatnya nyaman membaca sambil bersantai di perpustakaan.