Menanam tanaman dengan metode hidroponik dapat dilakukan di rumah, lho! Mudah saja caranya. Anda bisa mencoba memraktikkan tahapan berikut ini;

Pilih Tanaman

Hal pertama yang mesti dilakukan sebelum bertanam hidroponik adalah memilih tanaman/sayuran yang akan kita budidayakan secara hidroponik. Beberapa jenis sayuran hidroponik yang umum ditanam secara hidroponik diantaranya adalah hidroponik sawi, selada, hidroponik kangkung, hidroponik cabe, hidroponik tomat, dan hidroponik bayam.

Buat Wadah dari Botol Bekas Air Mineral

Potong botol bekas air mineral bekas menjadi 2 bagian. Lubangi sisi atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu serta aliran hawa. Gunakan sumbu di bagian bawah botol. Masukkan sisi atas botol ke sisi bawah botol lewat cara di balik.

Isi sisi atas botol dengan media tanam (dapat rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan batu bata). Pilih saja yang paling gampang didapat sebab fungsi media ini cuma untuk pijakan akar agar tanaman hidroponik nantinya tidak ambruk.

Siap Tanam

Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit sayuran ke dalam media tanam. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik. Taruh ditempat yg tidak terkena hujan namun tetap dapat memperoleh cahaya matahari.