Alhamdulillah, saat ini sudah memasuki 10 hari kedua di Bulan Ramadhan. Untuk para bunda yang sedang hamil ataupun menyusui masih tetap semangat kan menjalankan ibadah puasanya?…

Ibadah puasa masih aman untuk dilaksanakan oleh ibu hamil dan menyusui selama tidak mengganggu secara kesehatan. Jika memang bidan/dokter merekomendasikan untuk berbuka karena alasan kesehatan, dalam islam hal tersebut diperbolehkan. Karena dapat digolongkan seperti orang sakit sehingga mendapat keringanan dan tentunya wajib untuk menggantinya (qodo) setelah bulan Ramadhan dan juga membayar fidyah.

Nah, untuk bunda yang masih semangat menjalankan ibadah puasanya, Yasmina mau berbagi tips untuk “BUMIL” dan “BUSUI” agar puasa Ramadhannya bisa berjalan lancar. Karena artikel ini cukup panjang, maka kami bagi menjadi 2 bagian.

TIPS Puasa untuk BUMIL (Ibu Hamil)

  • Pastikan kondisi air putih cukup saat sahur

    Air merupakan salah satu zat yang penting dalam tubuh, khususnya untuk ibu hamil yang berpuasa. Pastikan asupan air putih yang cukup, agar tubuh terhidrasi dengan baik dan menghindari dampak dehidrasi selama berpuasa seharian

  • Perhatikan kandungan karbohidrat kompleks saat sahur

    Sahur merupakan salah satu ibadah sunah di bulan Ramadhan, karena itu manfaatkan waktu sahur dengan menyantap makanan dengan kandungan yang baik. Pemilihan menu yang sesuai akan membantu ibu hamil dalam menjalani ibadah puasa seharian. Menu karbohidrat kompleks akan memberikan rasa kenyang lebih lama karena proses pencernaan yang lebih lama. Karena ketika berpuasa, bukan hanya ibunya saja yang kuat berpuasa tapi juga asupan gizi yang cukup untuk janin. Contoh karbohidrat kompleks adalah serealia,  biji-bijian dan kacang-kacangan.

  • Jaga kandungan serat saat sahur

    Asupan serat yang cukup juga harus diperhatikan oleh ibu hamil. Serat yang cukup dan buah-buah dan sayuran akan membantu melancarkan BAB selama berpuasa. Bagi ibu hamil, BAB yang tidak lancar bisa menyebabkan wasir lho…pastinya hal tersebut akan membuat merasa tidak nyaman selama masa kehamilan.

  • Minum Madu untuk menjaga metabolisme tubuh

    Berpuasa saat hamil juga akan terasa lebih ringan jika kamu mengkonsumsi madu saat berbuka dan juga saat sahur. Madu dipercaya dapat melancarkan BAB dan juga dapat menjaga kelembapan tubuh biar nggak dehidrasi dan juga menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, jadi kamu nggak bakalan cepat lemas selama berpuasa.

  • Susu dapat menambah energi

    Selain konsumsi makanan, ibu hamil juga bisa menambah simpanan tenaga seharian dengan mengkonsumsi susu saat sahur untuk menambah energi dan tidak cepat lemas.

  • Makan pedas bisa meningkatkan kontraksi

    Makanan pedas saat sahur memang sangat menggugah selera. Namun, bagi ibu hamil, hal tersebut kurang baik karena bisa memicu terjadinya kontraksi. Lagipula, mengkonsumsi makanan pedas saat sahur atau berbuka puasa dapat menyebabkan mules dan diare.

  • Jaga waktu istirahat selama berpuasa

    Ibu hamil berpuasa pasti akan merasa lebih mudah lelah. Jadi, pastikan ibu hamil tetap beristirahat yang cukup selama berpuasa agar tidak drop selama bulan Ramadan ini.

  • Hindari berbuka dengan minuman dingin

    Ibu hamil yang berbuka dengan menyantap minuman dingin pasalnya dapat memicu asam lambung yang meningkat karena perut dalam keadaan dingin dan kosong karena tidak diisi seharian. Untuk orang yang tidak hamil saja, berbuka dengan minuman dingin dapat membuat nyeri perut, apalagi ibu hamil berpuasa. Jika memang ingin berbuka puasa dengan yang segar, cobalah untuk mengkonsumsi jus dengan kandungan buah-buahan yang alami tanpa pemanis buatan.

  • Jangan biarkan perut kaget

    Menu berbuka puasa biasanya sangat menggoda. Namun, kandungan menu buka puasa ibu hamil harus diperhatikan. Usahakan untuk menyantap makanan secara perlahan. Mulailah dengan kurma dan buah-buahan. Selanjutnya, setelah perut sudah sedikit-sedikit mulai terisi, barulah santap makanan utama agar perut tidak kaget.

  • Jangan kejutkan diri dengan makanan manis langsung

    Selain jangan langsung mengkonsumsi menu buka puasa secara langsung banyak, menu buka puasa ibu hamil juga tidak boleh langsung dengan mengkonsumsi banyak makanan manis. Es buah dan kolak memang sangat menggoda, namun saat berpuasa saat hamil usahakan untuk mengganti konsumsi manisan tersebut dengan buah kurma atau jus buah yang segar.

    Sama halnya saat sahur, mengkonsumsi terlalu banyak kandungan gula buatan seperti sirup juga dapat membuat cepat lelah karena kandungan gulanya lebih cepat menghilang. Lebih baik maksimalkan kandungan gula dengan manis yang alami, seperti kurma, madu atau buah-buahan agar tahan lama.

  • Maksimalkan kurma selama berpuasa

    Kurma adalah salah satu buah yang mengandung vitamin B1 yang dapat mengontrol gerak rahim. Jadi, untuk ibu hamil berpuasa dan ingin tetap menjaga pertumbuhan sang buah hati, jangan lupa untuk mengkonsumsi kurma sebagai menu sahur untuk ibu hamil dan menu buka puasa ibu hamil.

/IY