Forum NgaEMAS Kota Bogor telah diresmikan langsung oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto pada Senin, 06 November 2017 di Gedung Bakorwil Jl Ir. H. Juanda No.4 Kota Bogor.

Acara yang dimulai pukul 13.00 dan berakhir pada pukul 14.30 ini terdiri dari pembacaan ikrar Forum NgaEMAS serta penandatanganan pernyataan sikap dan dukungan dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) baru lahir di Kota Bogor oleh 12 lembaga/forum masyarakat, Ketua Forum NgaEMAS, Kepala Dinas Kesehatan, dan Walikota Bogor.

“Kesuksesan walikota memimpin wilayah/daerahnya dapat dilihat dari indeks pembangunan manusianya. Maka salah satu cara meningkatkan IPM adalah dengan langkah ini, yakni mengupayakan angka kematian terus menurun setiap tahunnya,” terang Bima.

Penandatanganan pernyataan sikap dan dukungan dari 12 forum masyarakat, Ketua Forum NgaEMAS, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor dan Walikota Bogor (6/11).

Pembacaan ikrar Forum NgaEMAS oleh perwakilan forum masyarakat se-kota Bogor (6/11)

Sebelum menandatangani pernyataan sikap dan dukungan, anggota Forum NgaEMAS membacakan ikrar yang berisi mengenai komitmen forum untuk membantu menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir.

Program SMS Bunda

Selain pembacaan ikrar Forum NgaEMAS, Dinas Kesehatan Kota Bogor juga mempublikasi layanan SMS Bunda bagi para Ibu hamil di Kota Bogor.

Layanan berbasis SMS yang memberikan informasi kesehatan pada masa kehamilan, masa nifas sampai anak berusia dua tahun (1000 hari pertama kehidupan).

Bima mencontohkan bagaimana menggunakan SMS Bunda yang saat itu langsung dipraktikkan oleh para ibu hamil yang turut hadir pada acara launching Forum NgaEMAS Kota Bogor.

Cara mendaftar SMS Bunda sangat mudah yakni ketik SMSbunda kirim ke 092312295563 (Nomor SMS Bunda Kota Bogor). Setelahnya, para ibu akan mendapatkan SMS secara berkala mengenai informasi kesehatan.

Pembacaan petunjuk SMS Bunda oleh Walikota Bogor, Bima Arya. Bogor (6/11)