Usia berapakah anak bisa diberikan ponsel dan tidak malah menyalahgunakan penggunaannya? Orangtua wajib memerhatikan hal ini dengan sangat jeli agar tidak salah memberikan perlakuan kepada anak.

Saat ini, memberikan fasilitas ponsel kepada anak menjadi kebutuhan karena orangtua merasa perlu memantau anak, perlu kemudahan dalam berkomunikasi, meski sebetulnya dampak buruk lebih banyak muncul jika anak diberi ponsel. Jangan berikan maksimal sampai usia SMP.

Pertimbangkan juga untuk memberi ponsel yang hanya bisa menelepon dan mengirim pesan. Bukan ponsel pintar dengan berbagai fungsi dan fitur.

Beri pengertian dan pemahaman tentang batasan pada anak

Dengan kepercayaan orangtua untuk memberikan ponsel kepada anak, berarti Ayah/Bunda sudah siap dengan konsekuensi yang akan diterima nantinya. Beri pemahaman, untuk apa dia menggunakan ponsel dan kapan pemakaiannya.

Beri pemahaman tentang penggunaan ponsel

Beri pemahaman, kapan anak harus menggunakan ponsel dan untuk apa dia diberikan ponsel tersebut. Buatlah perjanjian kesepakatan, yang jika dilanggar, maka ponsel akan ditarik kembali.

Beri contoh yang baik

Anak meniru apa yang dilakukan orangtua. Maka, jika tidak ingin anak memakai ponsel untuk menonton video aneh-aneh, maka orangtua harus mencontohkan dengan mengakses video positif.

Jika ingin anak tetap memperhatikan perkataan orangtua ketika sedang asyik dengan ponselnya, maka orangtua pun harus memperlihatkan hal yang sama ketika anak berbicara. Ingat, anak mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya. Beri teladan terbaik.